ANALISA KEPUASAN SERTA KONTRIBUSI PELANGGAN DAN SUPPLIER DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN RISIKO (Studi Kasus di PT XYZ, Madiun)

Authors

  • Dita Firstian Putra
  • Mochamad Choiri
  • Ratih Ardia Sari

Abstract

Abstrak

PT XYZ merupakan salah satu badan usaha penghasil produk jasa transportasi bernilai tinggi yang terus mengalami perkembangan. Agar produk terus berkembang maka perusahaan perlu mengetahui kepuasan dan kontribusi stakeholder yang berfungsi sebagai keberhasilan performance perusahaan. Selain itu pendekatan manajemen risiko juga harus diimplementasikan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menurunkan kepuasan dan kontribusi dari stakeholder. Dari pengukuran kinerja yang telah diterapkan perusahaan terdapat beberapa indikator dari stakeholder pelanggan dan stakeholder supplier yang tidak memenuhi target yang telah ditetapkan perusahaan. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka akan timbul beberapa risiko yang berdampak kepada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko yang mungkin terjadi dari pelanggan maupun supplier yang memiliki kepuasan yang rendah terhadap perusahaan namun kontribusi yang diberikannya tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah key performance indicator (KPI) dan risk matrik. KPI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan kontribusi dari pelanggan dan supplier. Sedangka risk matrik digunakan untuk mengkategorikan risiko kedalam rentang kategori. Didapatkan beberapa risiko beserta dengan kategorinya dari indikator-indikator yang membuat kepuasan dari pelanggan dan supplier tergolong rendah. Hasil dari penelitian ini didapatkan beberapa rekomendasi untuk mencegah atau melakukan tindakan agar risiko tersebut tidak terjadi dan tidak merugikan perusahaan.

Kata kunci : Riks Matrik, KPI, Risk Management

Downloads

Published

2015-05-13

Issue

Section

Articles