PENENTUAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN BERDASARKAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE MALCOLM BALRIDGE NATIONAL QUALITY AWARD (MBNQA) (Studi Kasus PT. Cakra Guna Cipta Malang)

Authors

  • Emy Miftahul Jannah
  • Arif Rahman
  • Rahmi Yuniarti

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh industri pabrik rokok adalah peningkatan kinerja dan penggunaan strategi yang tepat agar perusahaan mampu berkembang sesuai dengan kondisi dan permintaan pasar. Oleh karena itu perusahaan perlu memiliki suatu alat ukur sebagai acuan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dengan cara melakukan pengukuran kinerja dan menerapkan strategi yang sesuai. Untuk dapat melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh, maka digunakan penilaian berdasarkan kriteria metode MBNQA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang dicapai oleh PT. Cakra Guna Cipta Malang dengan total skor 552,39 dengan prosentase pencapaian sebesar 55%. Interpretasi Malcolm Balridge pada PT. Cakra Guna Cipta Malang menunjukkan bahwa perusahaan ini berada pada klasifikasi good performance. Sedangkan strategi utama yang sesuai adalah dengan melakukan inovasi produk, kemasan, dan mesin-mesin industri dan mengembangkan manajemen mutu pelayanan.
Kata kunci: Strategi Bersaing, Pengukuran Kinerja, Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA), SWOT, QSPM.

Downloads

Published

2013-05-24

Issue

Section

Articles